Beranda | Artikel
Hubungan antara Iman dengan Amal Shalih - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)
Kamis, 9 April 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Ringkasan Kajian Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Hubungan antara Iman dengan Amal Shalih

Di dalam Al-Quran dan hadits shahih sering kali Allah Ta’ala menggandengkan iman dengan amal shalih. Kenapa demikian? padahal di dalam iman itu sendiri telah tercangkup amal. Hal itu bertujuan untuk penekanan, agar orang tidak menyangka bahwa iman itu cukup dengan hati saja. Karena ada sebagian orang ada yang menyangka bahwa iman itu cukup di dalam hati saja, dan ini merupakan pemahaman sesat.

Allah Ta’ala mengingatkan akan hal ini di banyak firmanNya. Di antaranya adalah:

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُواْ الصَّلاَةَ وَآتَوُاْ الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS Al-Baqarah [2]: 277)

Simak penjelasan selengkapnya dari kitab التَّوْضِيْحُ وَالْبَيَانُ لِشَجَرَةِ الْإِيْمَانِ (At-Taudhih Wal Bayan Li Syajarati Al-Iman) atau biasa disebut dengan “Penjelasan tentang Pohon Keimanan“, yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Kajian Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Hubungan antara Iman dengan Amal Shalih

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/12779-hubungan-antara-iman-dengan-amal-shalih-kitab-at-taudhih-wal-bayan-li-syajaratil-iman-ustadz-abdullah-taslim-ma/